.quickedit{ display:none; }

Jumat, 03 September 2010

Menkes kunjungi pengungsi Sinabung

Friday, 03 September 2010
ABDULLAH LATHIF MANJORANG
Koresponden Sumut,WASPADA ONLINE
KABANJAHE – Menteri Kesehatan RI, Endang Rahayu Sedyaningsih, mendatangi pengungsi Gunung Sinabung yang ada di Rumah Sakit Umum Kabanjahe. Dalam kunjungannya, Menkes juga menyempatkan diri meninjau lokasi bencana untuk menyampaikan bantuan logistik dan obat-obatan.

Bantuan yang diberikannya, berupa mistblower 3 buah, pollybag 2.000 buah, hygiene kit 400 set dan insektisida untuk lalat 55 liter serta akan menyusul insektisida untuk lalat 100 liter, hygiene kit 370 set, dan pollybag untuk sampah 5.000 buah yang akan dikirim dalam pekan ini.

Di RSU Kabanjahe, Menkes meminta medis untuk senantiasa memperhatikan kesehatan bayi dan anak-anak walau belum mengetahui secara pasti kapan kondisi Gunung Sinabung bisa normal. “Saya juga memberikan apresiasi kepada medis yang telah menangani korban sejak awal letusan,” ujarnya, tadi malam.

Menkes menambahkan, ia berharap agar pengungsi sabar dan tabah berada di posko penampungan menunggu kepastian dari pemerintah. Selain itu, Menkes juga meminta agar psikologis korban Gunung Sinabung ditangani psikiater.

"Efek letusan Sinabung bagi warga juga mempengaruhi mentalnya. Untuk itu diperlukan penanganan dari psikiater untuk memulihkan mentalnya," pungkasnya.

Gunung Sinabung telah meletus empat kali, masing-masing pada Jumat (27/8) Pukul 18.30 WIB, kemudian Sabtu (28/8) pada Pukul 23. 50 WIB, Senin (30/8) sekitar pukul 06.20 WIB dan terakhir, tadi pagi sekitar Pukul. 04.38 WIB.

Dikabarkan, letusan terakhir bukan hanya mengeluarkan asap tebal, tetapi juga menyebabkan adanya bebatuan yang terlempar hingga desa Nderam kecamatan Merdeka. Desa ini merupakan salah satu desa yang berada di radius 6 km.

0 komentar :

Posting Komentar

 

Kumpul Blogger

Klaten Online

Pengikut