.quickedit{ display:none; }

Jumat, 12 Februari 2016

Estib TV-Jamur Tiram Joko Purnomo-SMPN 3 Bayat Klaten Jawa-Tengah



Jamur Tiram merupakan jenis jamur kayu. Di alam bebas bisa tumbuh pada kayu yang sudah lapuk pada suhu yang lembab. Ada beberapa spesies jamur tiram antara lain Pleurotus Ostreatus (Jamur Tiram Putih), Pleurotus Flabelatus (Jamur Tiram Merah), Pleurotus Sojacatus, Pleurotus Sapidus, Pleurotus Coenucopiae, dan lainnya.

Joko Purnomo, S.Si. membudidayakan Jamur Tiram di rumahnya. Dengan lahan yang sempit mampu menghasilkan 30 kg per hari, dengan harga 14.000,- rupiah per kilogramnya. Walaupaun sudah dibantu dua orang tenaga kerja, ternyata masih kewalahan untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Jamur Tiram sangat disukai masyarakat, karena tidak mengandung kolesterol dan memiliki kandungan protein lebih tinggi dibanding daging dan tempe. Harga lebih terjangkau dan mampu menyembuhkan beberapa penyakit antara lain Anemia, Darah Tinggi, Tumor, Kanker, membunuh Cacing dalam tubuh serta membantu menurunkan berat badan.

Jamur Tiram bisa dibuat berbagai masakan antara lain Sate, Gulai, Sup, Oseng-oseng, Pepes, Keripik, Krispi, Kerupuk, Omlet dan untuk isian Arem-arem.

Alumni Unsud yang tinggal di Kwaon RT. 05/RW.03 Desa Jemawan, Kecamatan Jatinom, kabupaten Klaten, Jawa-Tengah juga menerima pesanan Baglog Jamur yang belum tumbuh dengan harga dua ribu rupiah per Baglog. Bagi yang membutuhkan bisa menghubungi Joko Purnomo Contact Person 081329021141/08112633813. Selain itu, beliau juga menyediakan waktu dan tempat untuk belajar budi daya Jamur Tiram bagi masyarakat yang membutuhkan tanpa dipungut biaya.

(Estib Post-Jurnalis SMPN 3 Bayat Klaten)

0 komentar :

Posting Komentar

 

Kumpul Blogger

Klaten Online

Pengikut