.quickedit{ display:none; }

Sabtu, 06 Juni 2015

Pendidikan Kejujuran-Estib-SMPN 3 Bayat, KLaten, Ja-Teng



“Sekolah tidak hanya mengutamakan pembelajaran akademik, yang hanya mengutamakan prestasi nilai-nilai koqnitif tetapi Pendidikan karakter lebih utama agar anak didik menjadi manusia yang berkarakter kuat dan cerdas.” Ungkap Agus Tri Purwanto, S.Pd. kepala sekolah.

ESTIB (SMPN 3 Bayat), Klaten, Jawa-Tengah sangat intens mengimplementasikan pendidikan budi pekerti. Program ini telah dimulai sejak tahun 2011 sampai sekarang khususnya mata pelajaran Seni Rupa. Siswa ditanamkan kejujuran dengan menggambar Grafitti dengan tema anti korupsi pada dinding sekolah.

Program selanjutnya adalah Uji Kejujuran dan Uji Publik. Pada Ujian Semester genap Tahun Pelajaran 2014-2015, setiap habis menyelesaikan Ujian, siswa diharuskan mengisi instrument yang telah ditempel di dinding sekolah. Apabila siswa mengerjakan Ujian salah satu mata pelajaran tidak mencontek, maka siswa harus mencentang format yang telah disediakan dan apa bila siswa mencontek, maka siswa tidak boleh mencentang pada instrument.

Sebelum diadakan pembinaan, siswa 100% mencontek, setelah dilakukan pembinaan dengan pendekatan hati nurani, terjadilah perubahan yang luar biasa. Siswa yang sebelumnya selalu mencontek, mulai tahun ajaran ini siswa yang mencontek tinggal 30%. Perubahan sikap kejujuran ini bisa dibaca dari hasil survey.

Disamping Uji Kejujuran juga siswa juga dilakukan Uji Publik. Apabila ada siswa yang mencontek, maka siswa lain harus mengingatkan atau membuat laporan kepada guru pengawas. Dengan demikian semua siswa saling memberikan kesadaran kepada sesama teman.

“Kedepan, setiap ada Ujian tidak perlu ada guru pengawas, tetapi cukup memberikan pembinaan kesadaran agar siswa berbuat jujur walaupun tidak ada pengawas.” Ujar Subari, S.Pd. Wakil Kepala Kesiswaan.

“Estib dipilih KPK menjadi percontohan sekolah jujur, Senin 8 Juni 2015 kami akan diwawancarai oleh pihak KPK.” tambahnya.

(Estib Post-Jurnalis SMPN 3 Bayat, Klaten)



0 komentar :

Posting Komentar

 

Kumpul Blogger

Klaten Online

Pengikut