.quickedit{ display:none; }

Rabu, 03 Agustus 2011

Partai SRI (Serikat Rakyat Independen) Usung Sri Mulyani


INILAH.COM, Jakarta - Partai Sarikat Rakyat Independen (SRI) telah resmi mendaftar di Kementerian Hukum dan HAM. Nama Sri Mulyani sebagai ikon partai ini didorong untuk maju dalam Pemilihan Presiden 2014 mendatang.

Sejumlah nama besar berada di belakang Partai SRI. Ada Arbi Sanit, Wimar Witoelar, Todung Mulya Lubis, dan Rahman Toleng. Partai ini juga mengklaim telah memiliki perwakilan di 33 provinsi.

Menurut salah satu penggagas Partai SRI Rocky Gerung, kehadiran Partai SRI yang mengusung ideologi republikanisme yang berarti mengaktifkan warga dalam politik diharapkan dapat melibatkan warga negara dalam berpolitik. "Warga negara bukan penerima pasif," ujarnya kepada INILAH.COM melalui saluran telepon di Jakarta, Rabu (3/8/2011).

Terkait nama Sri Mulyani yang didorong sebagai kandidat presiden 2014, Rocky menegaskan nama bekas Menteri Keuangan tersebut merupakan ukuran terbaik saat ini. "SMI memberi pelajaran reformasi birokrasi, etika politik. Kalau ada ukuran yang lebih dari SMI, ya kita ganti," kata Rocky memberi alasan.

Ketika disinggung dengan persyaratan batas ambang keterwakilan (parliamentary threshold) yang kemungkinan di kisaran 4-5 persen, Rocky mengaku prosedur tersebut harus ditempuh. "Itu prosedur yang harus ditempuh," katanya tanpa merinci apakah Partai SRI bisa melampaui syarat tersebut atau tidak.

Hanya saja Rocky menyebutkan, jika di partai politik lainnya memiliki tokoh yang berintegritas seperti Sri Mulyani maka pihaknya akan mendukungnya. Namun buru-buru Rocky menegaskan target maksimalis tetap mencalonkan Sri Mulyani. "Iya dong, mendorong Sri Mulyani jadi capres," tegasnya.

Ketika disinggung soal pendanaan Partai SRI dalam Pemilu 2014 termasuk mengusung nama Sri Mulyani dalam Pilpres, dengan lugas Rocky mengaku kalah jika dibandingkan dengan partai lainnya seperti Partai Demokrat, Partai Golkar dan PDI Perjuangan.

"Kalau ukurannya adu rekening dan jual beli suara, pasti kita kalah. Sumber dana kita dari iuran anggota," katanya seraya menyebutkan langkah tersebut agar Partai SRI tidak terikat dengan investor atau cukong politik.

Dalam kesempatan tersebut Rocky mengklarifikasi ihwal dukungan negara asing terhadap Sri Mulyani. Menurut dia, terjemahan dari pernyataan para diplomat luar negeri diplintir. "Para diplomat kan ditanya, bagaimana pendapat Anda tentang Sri Mulyani? Jawabannya ya baik. Ya faktanya SMI sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia membawahi 120 negara, ya pasti dikenal," ulasnya.

Sementara Ketua DPP Partai Golkar Priyo Budi Santoso menyambut positif kehadiran Partai SRI. "Saya doakan semoga lulus verifikasi, tidak mudah, tapi namanya usaha. Silakan mengusung tokoh siapapun," katanya ditemui di gedung DPR, Jakarta, Rabu (3/8/2011).

Tekait figur Sri Mulyani yang diusung dalam Pilpres 2014 mendatang, Priyo menilai Sri Mulyani merupakan tokoh mumpuni dan berhak dicalonkan. "Namun satu pesan saja, pencalonan Sri Mulyani tidak ada embel-embel negara asing," tegasnya. [mdr]

0 komentar :

Posting Komentar

 

Kumpul Blogger

Klaten Online

Pengikut