.quickedit{ display:none; }

Selasa, 28 September 2010

Museum Tani dan Kampung Wisata Tani Diresmikan

Yogyakarta, CyberNews. Fakultas Geografi UGM bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Klaten dan KKN PPM UGM, meresmikan berdirinya Museum Tani Indonesia dan Kampung Wisata Tani di Dusun Selorejo, Kalurahan Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten. Peresmian ditandai dengan pemukulan gong dan penandatanganan prasasti oleh Bupati Klaten Sunarno SE di dampingi Ketua Pengelola Museum Prof Dr Suratman MSc.

Menurut Suratman, ide dan rintisan Museum Tani muncul semenjak tahun 2000. Pada saat itu orang tuanya memiliki gagasan perlunya melestarikan berbagai kegiatan terkait bidang olah pertanian.

Museum Tani Indonesia yang menempati kediaman orang tua Prof Suratman, menampilkan berbagai koleksi benda-benda pertanian dari berbagai daerah di Indonesia, di museum tersebut para pengunjung bisa menyaksikan berbagai jenis tanah, adat pertanian, makanan, hewan-hewan disertai gambar-gambar cara orang bertani dari berbagai daerah di Indonesia.

Sebagai penasehat di Kampung Wisata Tani, Suratman menjelaskan bahwa posisi geografis Dusun Selorejo, Krakitan, Bayat, Klaten itu sangat strategis. Lokasinya diapit oleh dua tempat tujuan wisata yang telah berdiri sebelumnya, yaitu Jimbung dan Rawa Jombor. Dua lokasi wisata yang sudah tidak asing bagi masyarakat Solo, Klaten dan Yogyakarta. "Harapannya, museum pun nantinya bisa bertaraf internasional. Oleh karena itu saya meminta kepada Keluarga Mahasiswa Fakultas Geografi untuk membuat proposal bagi wisata di daerah ini," jelasnya.

Terpisah, Bupati Klaten mengatakan, bila potensi daerah sekitar sangat mendukung bagi pengembangan Museum Tani Indonesia dan Kampung Wisata Tani. Harapannya dengan pengembangan dua kegiatan ini di Dusun Selorejo akan menambah khasanah bagi masyarakat sekitar dan umum di bidang pertanian, karena beragam jenis kegiatan pertanian bisa dikembangkan di daerah itu.

Bambang Unjianto /CN14
Suara Merdeka
8 September 2010

0 komentar :

Posting Komentar

 

Kumpul Blogger

Klaten Online

Pengikut